Pengaruh Financial Leverage dan Operating Leverage Terhadap Rentabilitas Perusahaan Pada PT. Adhi Karya. Tbk di Pasar Minggu – Jakarta Selatan


BAB   I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Laporan keuangan merupakan alat komunikasi antara pihak internal perusahaan yaitu pihak manajemen dengan pihak eksternal yang terkait dengan perusahaan. Tujuan umum laporan keuangan menurut PSAK No. 1 paragraf 05 adalah memberikan informasi tentang posisi keuangan. kinerja dan arus kas perusahaan yang bermanfaat bagi kalangan pengguna laporan dalam rangka membuat keputusan-keputusan ekonomi serta menunjukkan pertanggung jawaban manajemen atas pengguna sumber-sumber daya yang dipercayakan kepada mereka. Laporan keuangan yang lengkap meliputi neraca. laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan (PSAK No. 1 paragraf 07). Laporan keuangan diharapkan dapat menyediakan informasi mengenai kinerja keuangan perusahaan dan bagaimana manajemen perusahaan bertanggung jawab kepada pemilik.
1
 
Setiap perusahaan membutuhkan dana dalam menunjang jalannya                      aktifitas perusahaan, baik itu perusahaan manufaktur ataupun perusahaan dagang dan jasa. Dana dapat diperoleh dari pemilik perusahaan maupun dari     pihak luar perusahaan. Namun dalam pengelolaan unit usaha perusahaan, seringkali perusahaan memerlukan tambahan dana dalam memperluas unit usahanya. Oleh karena itulah salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dana dan penggunaan biaya tetap yang diupayakan untuk meningkatkan laba disebut leverage.
Ada 2 jenis leverage yaitu operating leverage dan financial leverage. operating leverage menggambarkan struktur biaya perusahaan yang dikaitkan dengan keputusan manajemen dalam menentukan kombinasi asset perusahaan. Penggunaan aktiva tetap yang yang semakin relatif tinggi akan menimbulkan proporsi biaya yang relatif tinggi terhadap biaya variabel. Proporsi biaya yang tinggi menunjukkan operating leverage perusahaan yang tinggi, yang berarti semakin tinggi tingkat sensitivitas kinerja (kembalian) perusahaan terhadap perubahan kembalian pasar. Sedangkan financial leverage menggambarkan tingkat sumber dana hutang dalam struktur modal perusahaan. Penggunaan hutang yang relatif tinggi menimbulkan biaya tetap (beban tetap) dan dengan demikian meningkatkan rentabilitas perusahaan.
Konsep operating dan financial Leverage adalah bermanfaat untuk analisis, perencanaan dan pengendalian keuangan. Dalam manajemen keuangan, Leverage adalah penggunaan assets dan sumber dana (sources of founds) oleh perusahaan yang memiliki biaya tetap (beban tetap) dengan maksud agar meningkatkan keuntungan potensial pemegang saham. Jika semua biaya bersifat variabel, maka akan memberikan kepastian bagi perusahaan dalam menghasilkan laba. Tapi karena sebagai biaya perusahaan bersifat biaya tetap, maka untuk menghasilkan laba diperlukan tingkat penjualan minimum tertentu.
Perusahaan menggunakan operating dan financial leverage dengan tujuan agar keuntungan yang diperoleh lebih besar daripada biaya assets dan sumber dananya, dengan demikian akan meningkatkan keuangan pemegang saham. Sebaliknya leverage juga meningkatkan variabilitas (risiko) keuntungan, karena jika perusahaan ternyata mendapatkan keuntungan yang lebih rendah dari biaya tetapnya maka penggunaan leverage akan menurunkan keuntungan pemegang saham.
Analisa operating leverage digunakan untuk mengukur tingkat kepekaan penjualan terhadap EBIT. Operating leverage ini dimungkinkan karena terdapatnya biaya tetap dalam struktur biaya perusahaan. Meskipun operating leverage dapat meningkatkan EBIT, pada sisi lain, yaitu tingkat penjualan yang rendah bahkan akan menurunkan EBIT. Analisa financial leverage mengukur tingkat kepekaan perubahan EPS karena perubahan dalam EBIT. Financial leverage timbul jika perusahaan mempunyai hutang jangka panjang dengan bunga tetap untuk membiayai investasinya. Degree of financial leverage menunjukkan berapa perubahan dalam EPS karena perubahan dalam EBIT. Dengan demikian dapat naik atau turun tergantung perubahan EBIT.
Menurut Sutrisno (2003:230) bahwa financial leverage terjadi akibat perusahaan menggunakan sumber dana dari hutang yang menyebabkan perusahaan harus menanggung beban tetap. Financial leverage mengukur pengaruh perubahan keuntungan terhadap perubahan pendapatan bagi pemegang saham. Sedangkan operating leverage terjadi karena perusahaan dalam beroperasi menggunakan aktiva tetap sehingga harus menanggung biaya tetap. Operating leverage mengukur perubahan pendapatan atau penjualan terhadap keuntungan operasi. 
Pada PT Adhi Karya Tbk terdapat berbagai permasalahan dimana dalam pemakaian biaya operasi dalam perusahaan ini masih terlalu tinggi, hal ini memicu penggunaan Financial yang tidak stabil dan juga penggunaan biaya yang semakin besar. Perusahan seharusnya dapat menekan penggunaan biaya operasi seefisien mungkin sehingga biaya pengeluaran perusahaan dapat terkendali.
Berdasarkan uraian pada latar belakang yang dikemukakan di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan memilih judul : Pengaruh Financial Leverage dan Operating Leverage Terhadap Rentabilitas Perusahaan Pada PT. Adhi Karya. Tbk di Pasar Minggu – Jakarta Selatan ”.

B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka diketahui beberapa permasalahan dalam penelitian ini  :
1.       Perkembangan financial leverage dan Operating Leverage pada perusahaan masih belum optimal.
2.       Penggunaan  financial leverage di perusahaan PT. Adhi Karya. Tbk masih sangat tinggi.
3.       Penggunaan operating Leverage di perusahaan PT. Adhi Karya. Tbk masih sangat tinggi.

C.    Pembatasan Masalah
Agar dalam pembahasan skripsi ini tidak meluas terlalu jauh maka perlu adanya batasan – batasan. Adapun batasan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah Financial Leverage yaitu pengaruh penggunaan sumber dana tertentu yang akan mengakibatkan beban tetap perusahaan yang berupa biaya bunga dan Operating Leverage yaitu penggunaan sesuatu kekayaan atau aktiva tertentu yang akan mengakibatkan beban tetap bagi perusahaan terhadap Rentabilitas perusahaan ( Rentabilitas Modal Sendiri ) dari tahun 2010 sampai dengan 2014 PT. Adhi Karya. Tbk

D.    Perumusan Masalah
Sesuai dengan uraian pada latar belakang yang telah di kemukakan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
1.      Bagaimana pengaruh financial leverage terhadap rentabilitas perusahaan pada PT. Adhi Karya. Tbk di Pasar Minggu – Jakarta Selatan ?.
2.      Bagaimana Pengaruh operating leverage terhadap rentabilitas perusahaan pada PT. Adhi Karya. Tbk Jaya di Pasar Minggu – Jakarta Selatan?.
3.      Bagaimana Pengaruh financial leverage dan operating leverage terhadap rentabilitas perusahaan pada PT. Adhi Karya. Tbk di Pasar Minggu – Jakarta Selatan ?.

E.     Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.      Tujuan Penelitian
a.       Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh finansial leverage terhadap rentabilitas perusahaan pada PT. Adhi Karya. Tbk di Pasar Minggu – Jakarta Selatan.
b.      Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh operating leverage terhadap rentabilitas perusahaan pada PT. Adhi Karya. Tbk di Pasar Minggu – Jakarta Selatan.
c.       Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh finansial leverage dan operating leverage terhadap rentabilitas perusahaan pada PT. Adhi Karya. Tbk di  Pasar Minggu – Jakarta Selatan.
2.      Manfaat Penelitian
a.       Manfaat Teoritis :
1)      Bagi Penulis
Sebagai bahan pembelajaran untuk lebih menambah wawasan keilmuan khususnya yang berkaitan dengan manajemen keuangan tentang financial leverage dan operating leverage terhadap rentabilitas perusahaan, penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi bahan referensi dan dapat bermanfaat bagi penelitian–penelitian selanjutnya.
2)      Bagi Universitas Pamulang
Dengan penelitian ini diharapkan sebagai masukkan yang bermanfaat bagi sesama rekan mahasiswa dalam pendalaman pengetahuan ilmu Manajemen Keuangan.
b.       Manfaat Praktis Bagi Perusahaan
Penelitian ini dapat membantu perusahaan dalam melakukan pertimbangan untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan leverage keuangan dan implikasinya terhadap rentabilitas perusahaan pada PT. Adhi Karya. Tbk yang menjadi obyek dalam penelitian ini.

F.     Kerangka Berfikir
PT. Adhi Karya. Tbk adalah merupakan perusahaan yang bergerak di bidang  jasa konstruksi, dimana dalam menjalankan aktivitas usahanya maka perusahaan perlu memperhatikan financial leverage, yakni kemampuan perusahaan dalam menggunakan aktiva atau dana yang mempunyai beban dengan tujuan untuk memperbesar tingkat penghasilan (return) bagi pemilik perusahaan, hal ini perlu dilakukan oleh perusahaan mengingat sebagai  perusahaan jasa  konstruksi maka perusahaan perlu melakukan analisis rasio leverage, karena sangat berpengaruh terhadap rentabilitas perusahaan atau kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba atau keuntungan, hal ini dimaksudkan agar dapat dijadikan sebagai alat pengambilan keputusan keuangan perusahaan. Untuk lebih jelasnya akan disajikan kerangka berfikir melalui skema berikut ini :


 













Gambar 1.1
Kerangka Berfikir


G.    Hipotesis
Mengacu pada masalah pokok yang dikemukakan sebelumnya, sebagai jawaban sementara yang bisa penulis simpulkan adalah : "Diduga bahwa financial leverage dan operating leverage yang diterapkan oleh PT. Adhi Karya. Tbk. mempunyai pengaruh dan signifikan terhadap rentabilitas perusahaan."


H.    Sistematika Penulisan
BAB I        PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan diberikan penjelasan mengenai Latar Belakang Masalah, Identifikasi Masalah, Pembatasan Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Kerangka Berpikir , Hipotesis dan Sistematika Penulisan dari skripsi ini yang akan memberikan gambaran singkat keseluruhan dalam skripsi ini.
BAB II      TINJAUAN PUSTAKA
Dalam bab ini akan diuraikan tentang pengertian manajemen, pengertian manajemen keuangan, tujuan manajemen keuangan, Pengertian Financial Leverage dan Operating Leverage, tinjauan empirik,
BAB III     METODOLOGI PENELITIAN
yang terdiri dari daerah dan waktu penelitian, jenis dan sumber data, teknik pengumpulan data, variabel penelitian dan definisi operasional, metode analisis.
BAB IV     PEMBAHASAN DAN HASIL PENELITIAN
yang berisikan sejarah singkat perusahaan, hasil penelitian dan pembahasan
BAB V      KESIMPULAN DAN SARAN
Berisikan kesimpulan dan saran  sebagai masukan bagi pihak perusahaan.

Comments