Analisis Pengaruh Perilaku Kerja, Disiplin Kerja dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Dalam mewujudkan kinerja karyawan yang maksimal, perusahaan senantiasa tentu tidak terlepas dari manusia sebagai Sumber Daya Manusia yang selanjutnya disingkat ( SDM ) yang mengelola perusahaan tersebut. Hal ini tidak akan terpungkiri bahwa manusia merupakan SDM yang sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa diciptakan dengan keadaan sempurna yang mempunyai rasa, cipta dan karya. Didalam kenyataan kerjapun seorang pekerja / karyawan itu tentulah memiliki kemampuan dan ketelitian yang berbeda-beda  antara satu dengan yang lain. Dengan adanya persaingan pasar yang semakin kuat dan ketat ini, PT. Elex Media Komputindo dalam dunia bisnisnya, bila dilihat dari pengelolaan organisasinyapun senantiasa harus bisa lebih bersaing ketat di pasar global. Untuk itu kebijakan perusahaan ini tentunya amatlah penting dalam upaya meningkatkan kualitas karyawannya melalui pengembangan kepribadian dan mengembangkan nilai-nilai yang diinginkan melalui kualitas SDM  secara terarah, terpadu, dan menyeluruh melalui berbagai upaya baik proaktif dan reaktif oleh seluruh komponen perusahaan ini.
Hal inipun dialami oleh perusahaan seperti PT.Elex Media Komputindo yang bergerak dibidang penerbitan buku yang memberikan terbitan buku-buku bermutu, baik ilmu pengetahuan,  ilmu kependidikan, komputer, elektronika, sains dan teknologi, buku-buku hobi,  buku anak-anak, remaja maupun bacaan orangtua.
Berdasarkan pengamatan penulis, dapat dilihat bahwa penunjang kinerja karyawan di PT. Elex Media Komputindo yang saat ini masih kurang baik adalah perilaku kerja yang dimiliki oleh karyawan. Perilaku kerja dapat mempengaruhi kinerja karyawan karena dengan adanya perilaku kerja yang rendah, maka kinerja karyawanpun akan rendah pula. Salah satu contoh perilaku kerja yang masih kurang adalah malas bekerja dan semangat kerja  yang masih kurang maksimal, dan dalam pelaksanaannya masalah perilaku kerja karyawan ini berkaitan dengan masalah disiplin kerja yang dapat diartikan dengan ketepatan baik waktu dan tempat.  Apapun bentuk dari pelaksanaan kerja ini jika dilaksanakan secara tepat waktu dan tepat sesuai dengan tempatnya maka apa yang dinamakan disiplin kerja dan perilaku kerja karyawan yang bersangkutan bisa dikatakan telah merasuk ke dalam pribadi seseorang dan akan menjadi semacam kebiasaan (habitus) yang baik dalam diri seseorang tersebut. Kurangnya disiplin dan berperilaku tidak baik akan  mengakibatkan kerugian dan bahkan jatuhnya reputasi dan keberlangsungan masa depan perusahaan ini.
Pada dasamya semua manusia memiliki perilaku namun yang membedakan adalah bagaimana persepsi tersebut kita ciptakan, kita pikirkan, dan kita rasakan. Perilaku adalah bagaimana kita memandang diri kita sendiri, artinya kita mengetahui apa potensi yang kita memiliki dan bagaimana pribadi kita bisa berinteraksi dengan orang lain terutama dalam dunia kerja sehingga mampu berprestasi.
Tidak hanya konsep SDM yang dimiliki oleh karyawan PT. Elex Media Komputindo yang masih kurang baik, namun disiplin kerja dari sebagian karyawannya juga masih kurang. Ini dapat terlihat dari kedatangan para karyawan yang masih sering terlambat dan pulang tidak tepat sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan. Sehingga dengan adanya ketidakdisiplinan dari karyawan ini, maka akan menghambat kinerja karyawan perusahaan ini. Seorang karyawan dikatakan memiliki disiplin kerja yang tinggi jika yang bersangkutan bekerja dengan penuh konsistensi, konsekuensi, taat peraturan, bertanggung jawab atas apa yang menjadi tugasnya yang telah diamanatkan perusahaan kepadanya. Seorang yang mempunyai disiplin kerja yang baik biasanya memiliki keteraturan di dalam menjaga dirinya, teratur dalam bekerja, tertib dalam segala hal. Sikap disiplin kerja dapat dimulai dari diri sendiri, mulai dari hal-hal yang kecil-kecil dan mudahserta dimulai dari sekarang tanpa menunda hari esok, sehingga kedisiplinan dapat menjadi kunci keberhasilan di dalam mencapai tujuan yang telah diprogramkan dan dirumuskan oleh perusahaan.
Sebagaimana pendapat dari G.Saydam (2000:30) yang mengemukakan bahwa disiplin lebih banyak bersumber dari dalam diri karyawan sendiri yang diperlihatkan mereka dalam bentuk mematuhi dan mentaati peraturan yang berlaku dalam melaksanakan pekerjaan. Disiplin berasal dari kesadaran yang mendalam, maka pembinaan disiplin adalah pembinaan sikap untuk tetap mematuhi segala ketentuan yang berlaku dalam perusahaan. Suatu perusahaan yang tidak ditopang oleh tegaknya disiplin dapat terlihat pada: tingkat kemangkiran tinggi, para karyawan tidak mempunyai semangat dan gairah kerja. prestasi kerja menurun, tujuan perusahaan yang telah ditetapkan tidak akan dicapai. Jadi berdasarkan pendapat ini jelas sekali terlihat bahwa disiplin kerja berpengaruh terhadap perusahaan.
Sebagai upaya untuk memperbaiki kinerja karyawan tersebut. maka PT. Elex Media Komputindo memberikan program pelatihan untuk memperbaiki kinerja karyawannya. Gomes (2003:197) mengatakan bahwa pelatihan merupakan suatu usaha untuk memperbaiki performance pekerja pada suatu pekerjaan tertentu yang sedang menjadi tanggung jawabnya atau suatu pekerjaan yang ada kaitannya dengan pekerjaannya. Dengan adanya pemberian program pelatihan, para karyawan akan meningkatkan kemampuan kerjanya yang dapat menutupi gap antar karyawan. Program pelatihan yang diberikan di PT. Elex Media Komputindo sangat membantu karyawan dalam meningkatkan serta memperbaiki kinerja mereka. Hal ini sesuai dengan tugas dan kewajiban dari karyawan di PT. Elex Media Komputindo sebagai perusahaan di bidang penerbitan sehingga keahlian untuk karyawanpun  harus diutamakan. Dengan adanya program pelatihan untuk karyawan, maka karyawan akan semakin lebih siap dalam menghadapi persaingan bisnis. Namun demikian, masih ada bentuk program pelatihan yang diberikan oleh perusahaan yang belum dapat diterapkan secara maksimal untuk karyawan sehingga membutuhkan pengkajian dalam metode dan teknik yang tepat untuk penyempurnaan pelatihan. Pelatihan yang biasa diberikan oleh perusahaan adalah dalam bentuk on the job training dengan mengirim karyawan mengikuti pelatihan melalui metode ceramah maupun kuliah.
Berdasarkan kenyataan yang telah diuraikan diatas, penulis tertarik untuk mengangkat masalah yang berkaitan tentang perilaku kerja, disiplin kerja dan pelatihan yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan untuk menghadapi persaingan bisnis di era globalisasi. Oleh karena itu, penulis ingin meneliti dengan judul “Analisis Pengaruh Perilaku Kerja, Disiplin Kerja dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Elex Media Komputindo.” Penulis tertarik untuk melakukan penelitian di PT. Elex Media Komputindo karena perusahaan ini merupakan salah satu agen tunggal bagi produk penerbitan buku yang bermutu dan memang sudah cukup lama berdiri di Indonesia.

B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, dapat dibuat identifikasi rnengenai masalah yang ada di PT. Elex Media Komputindo sebagai berikut:
1.      Perilaku Kerja Karyawan yang dimiliki para karyawan PT. Elex Media Komputindo masih rendah dan perlu ditingkatkan dalam hal sikap dan kedisiplinan sehingga karyawan dapat bekerja lebih maju dan mandiri di dalam perkembangan perusahaan yang mengikuti zaman.
2.      Disiplin kerja karyawan PT. Elex Media Komputindo masih rendah dan belum optimal yang menyebabkan menurunnya kinerja karyawan.
3.      Pelatihan bagi para karyawan PT. Elex Media Komputindo masih belum dapat diterapkan secara tepat dan perlu penyempurnaan dalam teknik serta metode sehingga pelatihan yang diharapkan karyawan dapat maksimal.
4.      Terdapat karyawan yang masih sering telambat masuk kerja dari waktu yang telah ditetapkan dalam Peraturan Perusahaan, sehingga masih banyak karyawan kurang disiplin dalam bekerja.
5.      Kinerja yang dimiliki karyawan pada PT. Elex Media Komputindo yang masih kurang optimal dan mempunyai kecenderungan menurun dan belum
maksimal.

C.    Pembatasan Masalah
Mengingat keterbatasan peneliti baik waktu, tenaga, maupun biaya, maka berdasarkan identifikasi masalah yang disebutkan di atas, pada penelitian ini penulis memberikan pembatasan permasalahan yang ada di PT. Elex Media Komputindo pada:
1.      Seberapa besar Pengaruh perilaku kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Elex Media Komputindo
2.      Seberapa besar Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Elex Media Komputindo.
3.      Seberapa besar Pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan di PT. Elex Media Komputindo.
4.      Seberapa besar Pengaruh   perilaku kerja, disiplin kerja, dan pelatihan terhadap   kinerja karyawan di PT. Elex Media Komputindo.

D.    Perumusan Masalah
Berdasarkan judul dari penelitian ini, maka dapat dibuat rumusan masalah sebagai berikut ini:
1.      Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara perilaku kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Elex Media Komputindo?
2.      Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Elex Media Komputindo?
3.      Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelatihan terhadap kinerja karyawan di PT. Elex Media Komputindo?
4.      Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara perilaku kerja, disiplin kerja, dan pelatihan secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan di PT. Elex Media Komputindo?

E.     Tujuan Penelitian
Dalam penelitian ini, tujuan yang ingin didapat adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui pengaruh antara perilaku karyawan terhadap kinerja karyawan di PT. Elex Media Komputindo
2.      Untuk   mengetahui   pengaruh   antara   disiplin   kerja   terhadap   kinerja karyawan di PT. Elex Media Komputindo
3.      Untuk mengetahui pengaruh antara pelatihan terhadap kinerja karyawan di PT. Elex Media Komputindo
4.      Untuk mengetahui pengaruh antara perilaku kerja karyawan, disiplin kerja, dan pelatihan secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan di PT. Elex Media Komputindo

F.     Manfaat  Penelitian
Kegunaan penelitian ini sangat bermanfaat dan berguna, baik secara teoritis maupun praktis, yaitu :
1.      Kegunaan Teoritis
a.       Hasil penelitian ini dapat menambah khasanah keilmuan dalam mengelola sumber daya manusia terutama untuk menunjang kinerja karyawan dilihat dari perilaku kerja yang dimiliki karyawan, disiplin kerja, dan pelatihan karyawan.
b.      Hasil penelitian ini dapat memperkaya penelitian ilmiah di kampus
UNPAM, khususnya program pasca sarjana UNPAM, program studi
Magister Manajemen Peminatan Manajemen Sumber Daya Manusia dan secara umum untuk dunia pendidikan.
c.       Bagi pihak lain yang ingin melakukan penelitian terkait dengan perilaku karyawan, disiplin kerja, dan pelatihan terhadap kinerja karyawan maka dari hasil penelitian ini, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan bahan acuan dan sumber referensi untuk
melakukan penelitian lebih lanjut.
d.      Bagi penulis, hasil dari penelitian ini dapat menambah wawasan dalam
menambah keihnuan bidang manajemen sumber daya manusia dilihat dari aspek kinerja karyawan yang dipengaruhi oleh perilaku kerja karyawan, disiplin kerja, serta pelatihan yang diberikan oleh perusahaan untuk karyawannya.
2.      Kegunaan Praktis
a.       Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan dan informasi yang penting bagi manajemen PT. Elex Media Komputindo untuk mengetahui sejauh mana kinerja karyawan terhadap pekerjaan yang diberikan. Selain itu, dapat dijadikan bahan bagi pimpinan untuk mengetahui perkembangan kerja sehingga dapat menciptakan dinamika konstruktif dari perusahaan tersebut.
b.      Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat terutama bagi seluruh karyawan pada PT. Elex Media Komputindo bagi seluruh divisi, baik dari bagian keuangan, HRD, pemasaran dan semua karyawan lapangan sebagai informasi yang penting bagi mereka agar selalu meningkatkan perilaku kerja yang dimiliki, meningkatkan disiplin kerja yang harus dipatuhi serta mengikuti semua pelatihan yang diberikan oleh perusahaan guna meningkatkan kualitas kerja dan prestasi yang maksimal. Dengan adanya ketiga point tersebut, maka kinerja karyawan pada PT. Elex Media Komputindo akan dapat dicapai dengan cara yang optimal.
c.       Bagi pihak HRD, hasil dari penulisan ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk menentukan jenis pelatihan yang tepat bagi para karyawan agar bisa meningkatkan kinerja yang dimiliki serta meningkatkan kualitas kerja yang dimiliki.

G.    Sistematika Penulisan
Dalam Proposal tesis ini, sistematika penulisan tesis dapat digambarkan
BAB I    PENDAHULUAN
Dalam pendahuluan ini, penulis menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah, Identifikasi Masalah, Pembatasan Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Kegunaan Penelitian dan Sistematika Penulisan.
BAB II  TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini berisi tentang kajian teori dari penelitian ini berupa teori  tentang Pengertian Manajemen, Manajemen Sumber Daya Manusia, Kinerja Karyawan, Perilaku Karyawan, Disiplin Kerja, Pelatihan, Kerangka Berpikir, Desain Penelitian, Model Penelitian serta Pengujian Hipotesis dari penelitian ini.
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
Bab ini berisi tentang Tempat dan Jadwal Penelitian, Metode Penelitian. Populasi dan Sampel, Sumber Data Penelitian, Variabel dan Instrumen Penelitian, Metode Pengumpulan Data, Teknik Pengolahan Data dan Teknik Analisis Data
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Bab ini berisi tentang Deskripsi Data yang terdiri dari Gambaran Umum Objek Penelitian berupa  Sejarah Perusahaan, Visi, Misi dan Tujuan Perusahaan serta Struktur Organisasi Perusahaan, Deskripsi Responden yang terdiri dari Deskripsi Responden berdasarkan Jenis Kelamin, Deskripsi Responden berdasarkan Tingkat Pendidikan Hasil Uji Instrumen berupa Uji Validitas dan Uji Reabilitas, Hasil Pengujian Persyaratan Analisis dengan Uji Normalitas Data , Uji Heteroskedastisitas, Uji Multikolonieritas, Uji Otokorelasi dan Pengujian Hipotesis Penelitian dengan Uji Korelasi, Uji t, Uji F, dan Uji Regresi.
BAB V  KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisi tentang Kesimpulan dan Saran-saran dari Penelitian ini.
DAFTAR PUSTAKA



Untuk full babnya silahkan di download di link di bawah ini :
 download

Comments