PROPOSAL TUGAS AKHIR ANALISIS COIL SPRING DAN SHOCK ABSORBER PADA SISTIM SUSPENSI MOBIL LISTRIK



BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Perkembangan industri otomotif saat ini sangat mengutamakan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.Salah satu faktor utama dalam menunjang keamanan dan kenyamanan dalam berkendara ialah suspensi.Suspensi adalah kumpulan komponen tertentu yang berfungsi meredam kejutan, getaran yang terjadi pada kendaraan akibat permukaanan jalan yang tidak rata yang dapat meningkatkan kenyamanan berkendara dan pengendalian kendaraan.Sistem suspensi kendaraan terletak diantara bodi (kerangka) dengan roda, terdiri dari pegas, dan redaman.
Pegas berfungsi untuk menerima getaran atau goncangan roda akibat dari kondisi jalan yang dilalui dengan tujuan agar getaran atau goncangan dari roda tidak menyalur ke bodi atau rangka kendaraan.Beberapa tipe pegas yang digunakan pada sistem suspensi ialah pegas ulir (coil spring), pegas daun (leaf spring), dan pegas puntir (torsion bar spring). Pegas ulir (coil spring) yang umum digunakan adalah pegas jenis ulir tekan. Pegas daun umumnya digunakan pada kendaraan niaga roda empat.
 Komponen pegas pada kendaraan roda empat atau lebih, umumnya menggunakan pegas daun, pegas ini harus memiliki kemampuan untuk menyerap beban dan melepaskannya kembali setelah beban ditiadakan. Oleh karena itu, material pegas yang baik harus memiliki kekuatan yang tinggi,ketangguhan yang tinggi dan keuletan yang relatif tinggi.
Pegas ulir ini dibuat dari batanga baja yang digulung sehingga menyerupai ulir. Pegas ulir ini lebih sensitif dalam menerima kejutan terhadap permukaan jalan yang tidak rata, hal ini disebabkan karean konstruksi pegas ulir yang lebih panjang daripada pegas daun. Selain itu gesekan tak akan terjadi bila terjadi defleksi ( penekan terhadap pegas karena gaya atau beban) , hal ini membuat pegas ulir lebih nyaman untuk digunakan pada suspensi kendaraan. Namun konstruksinya yang tidak terlalu kuat , membuat pegas ini hanya cocok digunakan pada suspensi depan mobil dan untuk mobil yang memiliki daya angkut tidak terlalu berat.
Demikianlah pengenalan lebih detail tentang komponen pegas yang digunakan pada suspensi kendaraan.
 
I.2 Perumusan Masalah
Adapun perumusan masalah pada tugas akhir ini adalah:
1.      Berapa beban yang diterima coil spring.
2.      Modulus geser padacoil spring.
3.      Kekuatan bahan coil spring.

Comments