Pengertian Kerja Sama ( Team Work )



Kerja sama adalah sebuah sistem pekerjaan yang kerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan yang direncanakan bersama. Kerja sama dalam tim kerja menjadi sebuah kebutuhan dalam mewujudkan keberhasilan kinerja dan prestasi kerja. Kerja sama dalam tim kerja akan menjadi suatu daya dorong yang memiliki energi dan sinergisitas bagi individu-individu yang tergabung dalam kerja tim. Komunikasi akan berjalan baik dengan dilandasi kesadaran tanggung jawab tiap anggota.
Kerja sama dilakukan oleh sebuah tim lebih efektif daripada kerja secara individual. Menurut West (2002), Telah banyak riset membuktikan bahwa kerja sama secara berkelompok mengarah pada efisiensi dan efektivitas yang lebih baik. Hal ini sangat berbeda dengan kerja yang dilaksanakan oleh perorangan.

Setiap tim maupun individu sangat berhubungan erat dengan kerja sama yang dibangun dengan kesadaran pencapaian prestasi dan kinerja. Dalam kerja sama akan muncul berbagai penyelesaian yang secara individu tidak terselesaikan. Keunggulan yang dapat diandalkan dalam kerja sama pada kerja tim adalah munculnya berbagai penyelesaian secara sinergi dari berbagai individu yang tergabung dalam kerja tim. 
Kontribusi tiap-tiap individu dapat menjadi sebuah kekuatan yang terintegrasi. Individu dikatakan bekerja sama jika upaya-upaya dari setiap individu tersebut secara sistematis terintegrasi untuk mencapai tujuan bersama. Dalam mencapai tujuan bersama, kerja sama memberikan manfaat yang besar bagi kerja tim. Biasanya organisasi berbasis kerja tim memiliki struktur yang ramping. Oleh sebab itu, organisasi akan bisa merespons dengan cepat dan efektif lingkungan yang cepat berubah (West, 2002). 
Berikut poin-poin teamwork yang baik:


  1. Teamwork adalah kerjasama dlm tim yang biasanya dibentuk dari beragam divisi dan kepentingan.
  2. Sama-sama bekerja bukanlah teamwork, itu adalah kerja individual.
  3. Filosofi teamwork: ‘saya mengerjakan apa yang Anda tidak bisa dan Anda mengerjakan apa yang saya tidak bisa.
  4.  Ketika berada dalam teamwork, segala ego pribadi, sektoral, deparmen harus disingkirkan.
  5.  Dalam teamwork yang dikejar untuk dicapai adalah target bersama, bukan individual.
  6. Keragaman individu dalam teamwork memang sebuah nilai plus namun bisa menjadi minus jika tidak ada saling pengertian.
  7. Saling pengertian terhadap karakter masing-masing anggota team akan menjadi modal sukses bersama.
  8. Jika setiap orang bekerjasama via bidang masing-masing, target korporasi pasti akan segera terealisasi.
  9. Individu yang egois mengejar target pribadi akan menghambat keberhasilan team. Bayangkan jika si A mengejar target A & si B mengejar target B, lalu target bersama bermuara kemana?
  10. Keahlian masing-masing sungguh menjadi anugerah dalam teamwork yang akan mempercepat proses pencapaian target.
  11. Kendalikan ego dan emosi saat bersama agar pergesekan tidak berujung pada pemboikotan kerjasama.
  12. Dengan pemahaman yang tinggi soal karakter individu dalam team, realisasi target tidak perlu waktu yang lama.
  13. Ingatlah selalu bahwa: ‘teamwork makes the dream work’.





CONTOH KASUS :
Dunia kerja memang penuh persaingan, namun dalam beberapa hal tetap dibutuhkan sebuah kerjasama yang baik di antara teman kerja. Membangun team work, kerjasama tim, tentu saja membutuhkan beberapa trik dan tip tersendiri. Sebuah cara yang mampu membuat Anda tetap jadi terdepan, namun sekaligus juga dihargai oleh teman-teman kerja Anda.
Kunci utama ketika membangun tim kerja adalah mendahulukan kepentingan tim yang berarti kepentingan perusahaan. Artinya ketika boss meminta Anda bekerja dalam satu kelompok, maka keberhasilan bersama ini adalah nilai utama di mata boss Anda. Namun jangan pernah mengabaikan juga tugas-tugas perorangan yang juga Anda emban. Membagi waktu antara tugas personal dengan pekerjaan tim membutuhkan kemampuan Anda yang cukup fleksibel.
Selain itu, untuk membangun tim kerja, Anda perlu secara aktif memberikan masukan dan ide-ide saat pekerjaan tim dimulai. Aktif memberikan kontribusi ide juga sangat penting dalam setiap rapat dan meeting dengan pimpinan. Tentu saja bukan sembarang ide, namun ide yang realistis dan Anda secara pribadi bisa menjalaninya. Jangan sampai Anda memberikan ide yang kemudian tidak bisa Anda jalani, bisa-bisa Anda akan dimasukan dalam kategori ”omdo” alias Omong Doang (pembual) oleh tim kerja Anda.
Bagi Anda yang memiliki naluri seorang pemimpin, leader, Anda akan sangat beruntung bila langsung ditunjuk sebagai pemimpin dalam tim. Namun bila tidak dalam posisi leader-pun, Anda tidak perlu berkecil hati. Karena Anda tetap bisa menjadi orang yang diperhitungkan ketika Anda mampu membuktikan bahwa fungsi Anda dalam tim juga sangat penting. Bukan sekadar pengikut tanpa memiliki ide dan kemampuan lebih.
Ketika tugas tim sudah berhasil diselesaikan dengan baik oleh tim Anda, maka sudah waktunya juga Anda menunjukkan kepiawaian tugas personal Anda. Jika dalam pengerjaan tugas tim Anda tidak perlu memaksakan diri tampil menonjol, maka untuk tugas perseorangan ini, Anda jangan malu-malu untuk menunjukkan kehebatan Anda pada boss.
Bila tenggat waktu yang disediakan untuk tugas personal masih lebih, Anda perlu sampaikan pada boss, disertai juga permintaan ijin pada boss, bisakah Anda membantu tugas personal teman lain, dan minta pada boss untuk menunjuk teman mana yang harus dibantu. Ini bukan berarti ”mencari muka” pada atasan, namun lebih memperlihatkan pada pimpinan bahwa kemampuan Anda terdepan di antara teman kerja.
Ringan tangan membantu teman lain dengan tulus biasanya akan sangat menguntungkan Anda yang bekerja dalam sebuah perusahaan kecil maupun menengah. Dalam banyak contoh kasus, seseorang cepat dan mudah mendapatkan promosi, apabila kepribadiannya yang positif bisa dilihat banyak pihak, tidak sekedar boss, namun juga rekan kerja. Kenaikan jenjang, promosi, maupun bonus yang Anda terima pun secara senang hati akan didukung oleh teman-teman Anda lainnya.
Sikap mau menolong teman kerja ini mendapatkan imbalan yang layak, dihargai boss sekaligus oleh teman yang Anda bantu. Dari sini lah Anda akan menjadi orang terdepan yang sebenarnya, tidak sekedar tampil sekadar nama saja.
Bekerja keras dalam tim dan tugas personal, serta tulus membantu rekan kerja adalah sebuah nilai lebih bagi pribadi Anda, yang barangkali tidak semua boss bisa langsung melihat, namun karakter pribadi Anda akan tumbuh berkembang dengan sehat.

Comments