BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Sejalan dengan
berkembangnya perekonomian suatu negara banyak kemajuan dan perubahan yang
terjadi dalam dunia bisnis yaitu pada cara membagi pasar (segmentasi) dan cara
mengoptimalkan pasar (targetting). Seperti dalam situasi kompetisi pada saat
ini, perusahaan dihadapkan pada kebutuhan untuk mengubah strategi pemasarannya.
Perubahan dan
kemajuan secara tidak langsung akan mempengaruhi suatu perubahan dalam
mempertahankan pangsa pasar, akibatnya timbul persaingan antar perusahaan dalam
menawarkan produknya di pasar. Persaingan bisnis yang dihadapi
perusahaan-perusahaan pada saat ini semakin ketat sehingga menuntut manajemen
perusahaan untuk lebih cermat dalam menentukan strategi pemasaran agar dapat
memenangkan persaingan yang semakin kompetitif.
Perusahaan yang
menjalankan aktivitasnya baik perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa maupun
barang mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan. Selain itu
perusahaan juga ingin memberikan kepuasan atas produk yang dihasilkannya,
karena kepuasan konsumen menjadi tolak ukur dari keberhasilan perusahaan dalam
menghasilkan produk yang berkualitas, dan yang diinginkan oleh konsumen.
Pemasaran
merupakan salah satu ilmu ekonomi yang telah berkembang, dan sampai pada saat
sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk
bisa bertahan di dalam pangsa pasar. Oleh karena itu diperlukan strategi
pemasaran yang dapat memberikan pengaruh untuk menentukan berhasil atau
tidaknya dalam memasarkan produknya. Apabila strategi pemasaran yang dilakukan
perusahaan tersebut mampu memasarkan produknya dengan baik, hal ini akan
berpengaruh terhadap tujuan perusahaan.
Dalam penulisan
makalah kali ini penulis akan membahas tentang pemasaran produk dari PT
Unilever dengan persaing terberatnya yaitu PT Sayap Mas yang akan penulis beri
judul “PT. Unilever VS PT Sayap Mas”
B.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas
penulis merumuskan masalah sebagai berikut :
1. Apasaja
marketing MIX dari perusahaan PT. Unilever Indonesia
2. Apa
kekuatan dan kelemahan dari perusahaan PT. Unilever Indonesia dan PT. Sayap
Mas?
Comments
Post a Comment