Makalah Praktikum Input dan Output Dalam C++



Input dan Output Dalam C++

Berbicara tentang input dan ouput data dalam C++ tidak jauh dari penggunaan keyboard untuk input dan tampilan layar monitor untuk output. Dalam C++ menggunakan berbagai macam format untuk input dan output tergantung dari penggunaan file header yang digunakan, kemudian yang akan dibahas kali ini adalah penggunaan 2 standar input dan output dasar yang sering digunakan dalam C++ dengan format yang berbeda.
I/O adalah suatu mekanisme pengiriman data secara bertahap dan terus menerus melalui suatu aliran data dari proses ke piranti (begitu pula sebaliknya). Fungsi-fungsi I/O pada dasarnya adalah mengimplementasikan algoritma I/O pada level aplikasi. Hal ini dikarenakan kode aplikasi sangat fleksibel, dan bugs aplikasi tidak mudah menyebabkan sebuah sistem crush.
Pemrograman C++ memiliki kompatibelitas yang tinggi dengan bahasa C, hingga jangan heran bila kita masih bisa menggunakanfungsi output dan input dalam pemograman C ke dalam program C++ yang kita buat.

1. Input (Memasukkan Data)
Dengan menggunakan #include
a. Fungsi scanf()
fungsi scanf() berguna untuk meninput data baik berupa bilangan, karakter, ataupun kalimat secara terformat. Berikut format-format yang digunakan untuk scanf() :
%c : Membaca sebuah karakter
%s : Membaca sebuah string
%i, %d : Membaca sebuah bilangan bulat (integer, desimal)
%f, %e : Membaca sebuah bilangan pecahan (real, float)
%o : Membaca sebuah bilangan octal
%x : Membaca sebuah bilangan heksadesimal
%u : Membaca sebuah bilangan tak bertanda

 
b. Fungsi gets()
fungsi gets() berguna untuk memasukkan data bertipe karakter, tanpa penggunaan format seperti scanf(), dan tidak dapat untuk menginput data numeric ataupun string.


download Full babnya disini

Comments