ANALISIS PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP SEGMENTASI PASAR PT. ALFA RETAILINDO CABANG BINTARO JAYA



 KODE_M146

1.1  Latar Belakang Masalah
Pada dasarnya tujuan dalam mendirikan perusahaan adalah mencari laba yang semaksimal mungkin. Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan itu sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam memasarkan produknya, yaitu bila perusahaan dapat menjual produknya dengan harga yang menguntungkan pada tingkat kualitas yang diharapkan, serta mampu mengatasi tantangan dari para pesaing terutama dalam bidang pemasaran. Oleh karena itu, menarik konsumen melakukan pembelian, maka perusahaan harus bisa menerapkan suatu strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan kondisi pasar yang dihadapi. Keberhasilan strategi pemasaran dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu riset dan analisis pasar, keputusan tentang produk, penetapan harga, promosi, dan distribusi.
Didalam perusahaan harga atau nilai serta kegunaan merupakan hal-hal yang sangat berkaitan. Barang-barang dan jasa mempunyai harga atau nilai tukar karena barang diperlukan oleh pembeli, ada manfaatnya, langka dan oleh perusahaan tidak dapat disediakan dalam jumlah yang tidak terbatas. Dalam masyarakat yang sudah menggunakan uang sebagai alat tukar menukar atau pengukur nilai, pertukar barang dinyatakan dalam satuan uang. Jumlah yang dipergunakan dalam pertukaran tersebut mencerminkan tingkat harga dari suatu barang. Dalam praktek, terjadinya harga ditentukan oleh oenjual atau perusahaan dan pembeli. Makin besar daya beli konsumen, semakin besar pula kemungkinan bagi perusahaan untuk menetapkan tingkat harga lebih tinggi. Dengan demikian perusahaan mempunyai harapan untuk mendapatkan keuntungan maksimum sesuai dengan kondisi yang ada, melalui penetapan harga jual.
Dalam penetapan harga jual perlu dipertimbangkan yang mendalam dan teliti guna memperoleh harga jual yang benar-benar sesuai dengan keinginan dan tujuan perusahaan. Keputusan harga jual merupakan keputusan yang sulit, karena faktor-faktor yang mempengaruhi, baik faktor intern maupun ekstern. Adapun faktor-faktor tersebut (Basu Swastha, 1990) adalah: keadaan perekonomian, penawaran dan permintaan, elatisitas permintaan, persaingan, biaya, tujuan manager, pengawasan pemerintah.
Faktor-faktor di atas merupakan pertimbangan yang harus diperhatikan agar perusahaan dalam menetapkan harga jualnya dapat diterima oleh konsumen pemakai produk sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut.
Selain itu, sebagaimana kita ketahui bahwa produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tidak mungkin dapat mencari sendiri pembeli ataupun peminatnya. oleh karena itu, produsen dalam kegiatan pemasaran produk atau jasanya harus membutuhkan konsumen mengenai produk atau jasa yang dihasilkannya. Salah satu cara yang digunakan produsen dalam bidang pemasaran untuk tujuan meningkatkan hasil produk yaitu melalui kegiatan promosi.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa promosi adalah salah satu faktor yang diperlukan bagi keberhasilan dan strategi pemasaran yang diterapkan suatu perusahaan terutama pada saat ini ketika era informasi berkembang pesat, maka promosi merupakan salah satu senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha.
Suatu produk tidak akan dibeli bahkan dikenal apabila konsumen tidak mengetahui kegunaannya, keunggulannya, dimana produk dapat diperoJeh dan berapa harganya. Untuk itulah konsumen yang menjadi sasaran produk atau jasa perusahaan perlu diberikan informasi yang jelas. Oleh karenanya adalah menjadi keharusan bagi perusahaan untuk melaksanakan promosi dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi sasaran yang efektif. Promosi yang dilakukan harus sesuai dengan keadaan perusahaan. Dimana harus diperhitungkan jumlah dana yang tersedia dengan besarnya manfaat yang diperoleh kegiatan promosi yang dijalankun perusahaan.
Perusahaan konsumen menjadi titik tolak pemasar untuk dapat menetapkan sasaran dengan baik dan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan, pemasar perlu mengelompokan konsumen berdasarkan karateristik yang ada, sehingga mudah untuk dapat dianalisis dengan baik dan cepat sasaran. Dengan demikian pemasar akan semakin jeli melihat pasar-pasar baru dan segera memanfaatkannya dengan baik.
Segmentasi pasar merupakan suatu usaha untuk meningkatkan ketepatan pemasaran perusahaan. Setiap segmentasi pasar mencerminkan kesempatan yang berbeda-berbeda. Oleh karena itu sebelum perusahaan menempatkan dirinya pada segmen-segmen pasar tersebut, perusahaan harus terlebih dahulu mempelajari kesempatan yang ada pada saat itu. Agar dapat meraih pasar yang luas, perusahaan harus tepat dalam menyatukan program pemasaran yang diarahkan pada segmen-segmen yang dituju.
Tujuan dari segmentasi pasar adalah memberikan pelayanan sebaik-baiknya pada masing-masing segmentasi pasar dan memberikan kepuasan kepada konsumen yang berada di dalam segmen-segmen tersebut.
Dalam perkembangan dunia bisnis dikenal berbagai macam cara untuk melaksanakan transaksi bisnis salah satunya dengan berbisnis ritel. Kondisi persaingan usaha yang semakin ketat membuat perusahaan-perusahaan bersaing untuk menunjukkan bisnis terbaiknya. Dengan demikian organisasi atau perusahaan dituntut harus berusaha untuk kompetitif dan memenangkan persaingan dengan cara yang sehat.
Industri ritel merupakan salah satu industri yang cukup kuat untuk bisa bertahan dalam segala situasi dan kondisi ekonomi apapun, dalam krisis ataupun keadaan yang sulit sekalipun secara makro ekonomi. Di Indonesia pertumbuhan bisnis atau industri ritel ini cukup bagus dari tahun ke tahun, sehingga bagi para pebisnis ataupun pengusaha industri ini masih memiliki peluang yang cukup bagus untuk dilirik. Industri ritel yang mengalami perkembangan cukup pesat diataranya adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan produk kebutuhan sehari-hari (consumer goods).
Saat ini konsumen dapat membeli barang yang sama dari sejumlah ritel yang berbeda. Masing-masing format ritel menargetkan pangsa pasar yang berbeda dan yang semakin meningkat. Tiap jenis ritel menawarkan manfaat yang berbeda, sehingga para konsumen bisa berlangganan pada ritel yang berbeda untuk pembelian dan kebutuhan yang berbeda.
Dengan dasar tersebut di atas, penulis tertarik untuk mengangkat permasalahan tersebut ke dalam bentuk tulisan (skripsi) dengan judul: “Analisis Pengaruh Penetapan Harga dan Strategi Promosi terhadap Segmentasi Pasar PT. Alfa Retailindo Cabang Bintaro Jaya”.

Download full babnya disini :

 

Comments