ANALISIS PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP SEGMENTASI PASAR PT. ALFA RETAILINDO CABANG BINTARO JAYA
KODE_M146
1.1 Latar
Belakang Masalah
Pada dasarnya tujuan dalam mendirikan perusahaan
adalah mencari laba yang semaksimal mungkin. Keberhasilan suatu perusahaan
dalam mencapai tujuan itu sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam
memasarkan produknya, yaitu bila perusahaan dapat menjual produknya dengan
harga yang menguntungkan pada tingkat kualitas yang diharapkan, serta mampu
mengatasi tantangan dari para pesaing terutama dalam bidang pemasaran. Oleh
karena itu, menarik konsumen melakukan pembelian, maka perusahaan harus bisa
menerapkan suatu strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan kondisi pasar yang
dihadapi. Keberhasilan strategi pemasaran dipengaruhi oleh beberapa faktor
yaitu riset dan analisis pasar, keputusan tentang produk, penetapan harga,
promosi, dan distribusi.
Didalam perusahaan harga atau nilai serta kegunaan
merupakan hal-hal yang sangat berkaitan. Barang-barang dan jasa mempunyai harga
atau nilai tukar karena barang diperlukan oleh pembeli, ada manfaatnya, langka
dan oleh perusahaan tidak dapat disediakan dalam jumlah yang tidak terbatas.
Dalam masyarakat yang sudah menggunakan uang sebagai alat tukar menukar atau
pengukur nilai, pertukar barang dinyatakan dalam satuan uang. Jumlah yang
dipergunakan dalam pertukaran tersebut mencerminkan tingkat harga dari suatu
barang. Dalam praktek, terjadinya harga ditentukan oleh oenjual atau perusahaan
dan pembeli. Makin besar daya beli konsumen, semakin besar pula kemungkinan
bagi perusahaan untuk menetapkan tingkat harga lebih tinggi. Dengan demikian
perusahaan mempunyai harapan untuk mendapatkan keuntungan maksimum sesuai
dengan kondisi yang ada, melalui penetapan harga jual.
Dalam penetapan harga jual perlu dipertimbangkan yang
mendalam dan teliti guna memperoleh harga jual yang benar-benar sesuai dengan
keinginan dan tujuan perusahaan. Keputusan harga jual merupakan keputusan yang
sulit, karena faktor-faktor yang mempengaruhi, baik faktor intern maupun
ekstern. Adapun faktor-faktor tersebut (Basu Swastha, 1990) adalah: keadaan
perekonomian, penawaran dan permintaan, elatisitas permintaan, persaingan, biaya,
tujuan manager, pengawasan pemerintah.
Faktor-faktor di atas merupakan pertimbangan yang
harus diperhatikan agar perusahaan dalam menetapkan harga jualnya dapat
diterima oleh konsumen pemakai produk sehingga konsumen tertarik untuk membeli
produk tersebut.
Selain itu, sebagaimana kita ketahui bahwa produk
ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tidak mungkin dapat mencari
sendiri pembeli ataupun peminatnya. oleh karena itu, produsen dalam kegiatan
pemasaran produk atau jasanya harus membutuhkan konsumen mengenai produk atau
jasa yang dihasilkannya. Salah satu cara yang digunakan produsen dalam bidang
pemasaran untuk tujuan meningkatkan hasil produk yaitu melalui kegiatan
promosi.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa promosi adalah salah
satu faktor yang diperlukan bagi keberhasilan dan strategi pemasaran yang
diterapkan suatu perusahaan terutama pada saat ini ketika era informasi
berkembang pesat, maka promosi merupakan salah satu senjata ampuh bagi
perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha.
Suatu produk tidak akan dibeli bahkan dikenal apabila
konsumen tidak mengetahui kegunaannya, keunggulannya, dimana produk dapat
diperoJeh dan berapa harganya. Untuk itulah konsumen yang menjadi sasaran
produk atau jasa perusahaan perlu diberikan informasi yang jelas. Oleh
karenanya adalah menjadi keharusan bagi perusahaan untuk melaksanakan promosi
dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi sasaran yang efektif. Promosi
yang dilakukan harus sesuai dengan keadaan perusahaan. Dimana harus
diperhitungkan jumlah dana yang tersedia dengan besarnya manfaat yang diperoleh
kegiatan promosi yang dijalankun perusahaan.
Perusahaan konsumen menjadi titik tolak pemasar untuk
dapat menetapkan sasaran dengan baik dan sesuai dengan rencana yang telah
ditetapkan. Untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan, pemasar perlu
mengelompokan konsumen berdasarkan karateristik yang ada, sehingga mudah untuk
dapat dianalisis dengan baik dan cepat sasaran. Dengan demikian pemasar akan
semakin jeli melihat pasar-pasar baru dan segera memanfaatkannya dengan baik.
Segmentasi pasar merupakan suatu usaha untuk
meningkatkan ketepatan pemasaran perusahaan. Setiap segmentasi pasar
mencerminkan kesempatan yang berbeda-berbeda. Oleh karena itu sebelum
perusahaan menempatkan dirinya pada segmen-segmen pasar tersebut, perusahaan
harus terlebih dahulu mempelajari kesempatan yang ada pada saat itu. Agar dapat
meraih pasar yang luas, perusahaan harus tepat dalam menyatukan program
pemasaran yang diarahkan pada segmen-segmen yang dituju.
Tujuan dari segmentasi pasar adalah memberikan
pelayanan sebaik-baiknya pada masing-masing segmentasi pasar dan memberikan
kepuasan kepada konsumen yang berada di dalam segmen-segmen tersebut.
Dalam perkembangan dunia bisnis dikenal berbagai macam
cara untuk melaksanakan transaksi bisnis salah satunya dengan berbisnis ritel.
Kondisi persaingan usaha yang semakin ketat membuat perusahaan-perusahaan
bersaing untuk menunjukkan bisnis terbaiknya. Dengan demikian organisasi atau
perusahaan dituntut harus berusaha untuk kompetitif dan memenangkan persaingan
dengan cara yang sehat.
Industri ritel merupakan salah satu industri yang
cukup kuat untuk bisa bertahan dalam segala situasi dan kondisi ekonomi apapun,
dalam krisis ataupun keadaan yang sulit sekalipun secara makro ekonomi. Di
Indonesia pertumbuhan bisnis atau industri ritel ini cukup bagus dari tahun ke
tahun, sehingga bagi para pebisnis ataupun pengusaha industri ini masih memiliki
peluang yang cukup bagus untuk dilirik. Industri ritel yang mengalami
perkembangan cukup pesat diataranya adalah perusahaan yang bergerak di bidang
penjualan produk kebutuhan sehari-hari (consumer goods).
Saat ini konsumen dapat membeli barang yang sama dari
sejumlah ritel yang berbeda. Masing-masing format ritel menargetkan pangsa
pasar yang berbeda dan yang semakin meningkat. Tiap jenis ritel menawarkan
manfaat yang berbeda, sehingga para konsumen bisa berlangganan pada ritel yang
berbeda untuk pembelian dan kebutuhan yang berbeda.
Dengan dasar tersebut di atas, penulis tertarik untuk
mengangkat permasalahan tersebut ke dalam bentuk tulisan (skripsi) dengan
judul: “Analisis Pengaruh Penetapan Harga dan Strategi Promosi terhadap Segmentasi
Pasar PT. Alfa Retailindo Cabang Bintaro Jaya”.
Download full babnya disini :
Comments
Post a Comment