BAB I
PENDAHULUAN
Dalam
kehidupan sehari-hari, manusia mempunyai kebutuhan yang bermacam-macam. Salah
satu kebutuhan utama manusia adalah kebutuhan untuk makan. Pada umumnya makanan
pokok masyarakat Indonesia adalah nasi. Perkembangan jaman yang kian
membutuhkan sesuatu yang serba cepat menimbulkan keinginan – keinginan untuk
mengganti nasi dengan alternatif lain yang dianggap lebih praktis misalnya
roti, sereal, dan mie instant.
Dalam
suasana persaingan yang semakin ketat , mie instant sebagai salah satu
alternatif tadi berusaha memasarkan
produknya dengan melakukan promosi yang
gencar dalam menawarkan keunggulan produknya. Saat ini merk mie instant yang
sedang bersaing di pasaran adalah Indomie,
Supermie, Sarimie, Salamie dan beberapa merk mie instant baru seperti mie Selera
Rakyat dan Mie Sedaap.
Peluang pasar yang terbuka mengakibatkan
Mie Sedaap sebagai produk baru berusaha memperkenalkan produknya ditengah
masyarakat dengan gencar.Promosi penjualan yang dilakukan dengan membuka posko
menjelang hari raya di tempat-tempat strategis seperti di pinggir jalan dan
saat ini juga melakukan promosi penjualan dengan membuka posko Mie Sedaap di 30
perguruan tinggi di Yogyakarta, salah satunya berada di STIE Kerjasama.
Dalam pemilihan nama merk, produk Mie
Sedaap mempunyai nama yang cukup unik. Sedaap sendiri memiliki arti yang
menggambarkan kualitas rasa selain itu nama Mie Sedaap mudah diingat dan
diucapkan.
Dalam
memutuskan membeli suatu produk, konsumen memiliki motivasi yang dipengaruhi
faktor dari dalam maupun dari luar, faktor dari dalam adalah faktor psychologis
dari masing-masing konsumen yang tidak sama, sedangkan faktor dari luar
biasanya diciptakan oleh ketepatan pemasaran, sehingga motivasi konsumen dalam
membeli Mie Sedaap tersebut tidak bisa dilepaskan dari prinsip 4P yaitu
:
1. Produk
Produk
adalah segala sesuatu yang dapat diberikan oleh produk Mie Sedaap kepada
konsumennya, antara lain berkaitan dengan nama yang mudah diingat, kualitas
rasa, berbagai macam pilihan rasa yang ditawarkan maupun kemudahan memasak.
2. Harga
Harga adalah sejumlah uang yang
dikeluarkan untuk mendapatkan suatu produk (Mie Sedaap). Harga yang dimaksud
adalah kesan bahwa Mie Sedaap tidak mahal, terjangkau oleh segmen pasarnya.
3. Promotion
Promosi adalah kegiatan yang dilakukan untuk
memperkenalkan produk Mie Sedaap kepada
masyarakat, seperti adanya promosi penjualan
dan iklan. Ketepatan dalam penyampaian iklan baik dalam hal pesan
ataupun media akan mampu memotivasi calon konsumennya untuk mencoba. Media
televisi saat ini merupakan media yang paling efektif dalam mempengaruhi calon
pembeli, untuk mendukung kegiatan iklan ini bisa dilakukan kegiatan lain guna
menunjukkan ujud dan rasa yakni melalui promosi penjualan.
4. Place
Place atau saluran distribusi adalah kemudahan di dalam
mendaapatkan produk di berbagai tempat, seperti di toko, pasar, warung. Apabila
konsumen mudah untuk mendapatkan produk Mie Sedaap, dengan sendirinya pada saat
mereka membutuhkan maka produk tersenbutlah yang akan dibeli.
Dalam
penelitian ini mahasiswa/mahasiswi STIE Kerjasama merupakan obyek penelitian,
karena jika dilihat dari tingkat pendidikannya mahasiswa/mahasiswi STIE Kerjasama
dianggap mampu menjawab pertanyaan (Kuesioner ) secara rasional selain itu
beragamnya asal daerah akan menjadikan jawaban yang diberikan akan mampu
mewakili selera/cita rasa dari beberapa daerah di Indonesia. Pemilihan
mahasiswa/mahasiswi STIE Kerjasama pada saat ini dipandang tepat, karena di
kampus STIE Kerjasama saat ini terdapat
posko Mie Sedaap , dengan demikian diharapkan obyek penelitian diharapkan telah
melakukan pembelian serta pernah menikmati Mie Sedaap akibat dari kegiatan
promosi penjualan tersebut.
Berdasarkan latar belakang di atas, dan
pentingnya mengetahui pengaruh motivasi
konsumen terhadap keputusan beli yang dikaitkan dengan variabel produk,
harga, maupun iklan, maka penulis melakukan penelitian dengan mengambil judul
MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN BELI MIE INSTAN MERK “MIE SEDAAP”
Comments
Post a Comment