BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Dewasa ini perkembangan
dunia usaha maju dengan pesat, hal ini ditandai dengan tingkat persaingan yang
semakin ketat, oleh karena itu bagi perusahaan yang mempunyai keinginan untuk
memenangkan persaingan tersebut harus mampu merebut konsumen. Dalam merebut
konsumen diperlukan suatu strategi pemasaran yang tepat. Sebelum menentukan
stategi hendaknya perusahaan mengidentifikasikan keinginan konsumen yang belum
dipuaskan, dengan cara menentukan barang yang hendak diproduksi, menentukan
cara promosi, menentukan harga yang tepat, dan memilih saluran distribusinya.
Jadi kegiatan pemasaran merupakan suatu proses yang saling berhubungan sebagai
suatu sistem.
Konsumen membeli barang
dan jasa adalah untuk memuaskan berbagai keinginannya, oleh karena itu penting
bagi perusahaan untuk mempelajari bagaimana perilaku konsumen tersebut dalam
pengambilan keputusan belinya. Keinginan manusia yang beraneka ragam, akan
menimbulkan berbagai macam perilaku untuk memenuhinya.
Manusia dalam kehidupan
sehari-harinya harus selalu memenuhi keperluannya untuk hidup sehat. Salah
satunya adalah mengenai kesehatan dan kebersihan gigi. Seseorang yang giginya
bersih akan berpenampilan lebih menarik dan timbul rasa percaya diri pada saat
berbaur dengan orang lain. Dalam keperluan untuk menjaga kesehatan gigi
diperlukan berbagai macam produk kesehatan antara lain sikat gigi, obat kumur
dan pasta gigi. Akan tetapi dalam penyusunan makalah ini, masalah yang akan
dibahas adalah mengenai pasta gigi. Dari banyaknya merk pasta gigi yang beredar
di masyarakat yang berkeinginan untuk dibeli antara lain Close up, Ciptadent,
Formula, Siwak F, Enzim, Ritadent, dan Pepsodent. Dari sekian banyaknya merk
pasta gigi tersebut di atas, salah satu merk pasta gigi yang akan diteliti
adalah pasta gigi Pepsodent.
Ketatnya persaingan antara
masing-masing perusahaan pasta gigi dapat dilihat dari kegiatan promosi yang
dilakukannya. Promosi yang dilakukan oleh beberapa
perusahaan antara lain melalui media elektronik seperti televisi dan radio atau
media cetak seperti koran, tabloid, dan majalah. Promosi yang dirasakan paling
menarik adalah iklan yang ditayangkan melalui televisi karena pemirsa bisa
melihat gambar, suara, gerak,dan produk yang dipromosikan, disamping itu promosi
melalui iklan di televisi mampu menjangkau masyarakat luas sampai ke daerah
pelosok, sekalipun bagi yang menyaksikannya. Masing-masing perusahaan
memperlihatkan keunggulan masing-masing, sehinga bisa menarik konsumen
sebanyak-banyaknya. Perilaku konsumenlah yang akan menyeleksi apakah produk
disukai atau tidak. Disamping itu perusahaan juga perlu mempelajari dan
mengetahui bagaimana tanggapan konsumen atau masyarakat dengan adanya pasta
gigi Pepsodent tersebut, faktor apa yang dapat memenuhi keinginan konsumen dan
perilaku purna belinya. Dengan mengetahui perbedaan tanggapan konsumen terhadap
pasta gigi Pepsodent, maka informasi tersebut merupakan input yang sangat besar
manfaatnya bagi perusahaan Pepsodent.
Dalam
penelitian ini sampel yang akan dipilih adalah mahasiswa dengan pertimbangan
usia yang cukup dewasa dan pendidikan cukup tinggi, sehingga diharapkan dapat
memberikan tanggapan yang cukup orisinil. Guna terbentuk kelompok yang
cenderung homogen, maka responden yang dipilih adalah mahasiswa STIE Kerjasama.
Berdasarkan
uraian tersebut di atas, maka penelitian ini diberi judul; ”FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BELI PASTA GIGI PEPSODENT PADA MAHASISWA STIE KERJASAMA
YOGYAKARTA”.
B.
Rumusan Masalah
Dari uraian tersebut di
atas dapat dipertegas bahwa pasta gigi Pepsodent merupakan kebutuhan pokok yang
diperlukan setiap hari oleh masyarakat.
Dengan demikian yang menjadi pokok permasalahan
penulisan skripsi ini adalah:
1.
Bagaimana profil konsumen pasta
gigi Pepsodent di STIE Kerjasama Yogyakarta.
2.
Apakah faktor persepsi harga,
persepsi produk, dan persepsi iklan berpengaruh terhadap keputusan beli pasta
gigi Pepsodent.
3. Faktor apakah yang paling dominan diantara persepsi harga, persepsi
produk, dan persepsi iklan di dalam mempengaruhi keputusan beli pasta gigi
Pepsodent pada Mahasiswa STIE Kerjasama Yogyakarta.
untuk kelanjutannya bisa hubungi admin atau coment di bawahnya terima kasih
Comments
Post a Comment