Pengaruh Promosi Terhadap Hasil Penjualan pada PT. Bareno Tiga Bersaudara



BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Persaingan dalam aktivitas usaha mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan transportasi. Apalagi di era globalisasin Persaingan bisnis semakin tajam ,dinamis, dan dipenuhi ketidakpastian sehingga menuntut perusahaan untuk mengikuti persaingan tersebut, agar tetap bertahan dengan mengikuti kebutuhan dan keinginan konsumen. Melihat kondisi sekarang ini persaing yang semakin kompetitif dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih, serta perubahan pada konsumen yang mulai pintar dan terdidik untuk memilih, membandingkan kualitas harga, barang. Maka untuk setiap perusahaan harus dapat merancang strategi yang tepat, sehingga dapat  memenangkan persaingan. Strategi yang dipakai dalam persaingan tak lepas dari bauran pemasaran yang terdiri dari produk (product), harga(price), tempat (place), dan promosi (promotion).Bauran pemasaran yang dikenal dengan istilah 4P merupakan konsep dasar yang umumnya digunakan  oleh perusahaan dalam melakukan aktivitasnya.
1
 
Pada hakekatnya  setiap perusahaan harus dapat bersaing. Melakukan aktivitas usaha secara maximal guna memenuhi pedoman dan tujuan perusahaan yakni mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, mengembangkan dan meningkatkan kualitas kerja, dan yang paling utama meningkatkan profit/keuntungan. Agar perusahan dapat mencapai tujuan tersebut maka perusahaan harus dapat mengoptimalkan fungsi- fungsi dalam perusahaan dan mengatur strategi yang diatur secara tepat, efektif dan efisien untuk memenuhi  pemuasan kebutuhan dan keinginan konsumen untuk membeli sehingga perusahaan mendapatkan penjualan yang maximal serta menghasilkan profit yang maximal. Perusahaan perlu mengoptimalkan keahlian dalam  bidang pemasaran yang potensial untuk  dikembangkan dan menjadi andalan.
Dalam setiap perusahaan menemukan kendala-kendala dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen serta meningkatkan profit. Persaingan yang tajam  mengancam kelangsungan hidup perusahaan, maka perusahaan harus mencari solusi untuk memecahkannya, kendala-kendala dapat diketahui dengan menurunnya tingkat penjualan dalam perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus melakukan pendekatan dengan kebijakan manajemen  melalui pendekatan bauran pemasaran (marketing mix)secara optimal.
Pada bauran pemasaran salah satu variable yang penting ialah promosi. Promosi merupakan salah satu factor yang penting dalam menentukan keberhasilan dalam perusahaan. Sebaik apapun produk yang dibuat tapi konsumen belum kenal maka produk tersebut tak akan dibeli, maka diperlukan promosi untuk mengenalkan  produk terhadap konsumen  sehingga  konsumen berminat untuk membeli. Karena kegiatan promosi   adalah suatu bentuk kegiatan komunikasi pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi, mengingatkan pasar sasaran agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.
Promosi adalah mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk sasaran untuk dapat membeli sebuah produkdan jasa yang ditawarkan. Kegiatan tersebut tidak terlepas dari biaya yang dikeluarkan demi mencapai hasil yang efektif, oleh karena itu perusahaan harus menganggarkan biaya promosi dengan sebaik mungkin untuk menghindari terjadinya kerugian dengan menyesuaikan bentuk promosi yang dilakukan.
Menurut A.Hamdani ( 2012: 154) mendefinisikan “Promosi merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk. Kegiatan promosi bukan saja berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen, melainkan juga sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya”
Sedngkan biaya promosi adalah sejumlah biaya yang dikeluarkan untuk promosi. (Philips Kotler, 2000:640)
Biaya promosi merupakan sejumlah dana yang dikeluarkan perusahaan ke dalam promosi untuk meningkkatkan penjualan. (Henry Simamora, 2002:762)
Kegiatan promosi dan biaya promosi berhubungan erat dan harus diperhatikan. Penerapan kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan meliputi periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion) penjualan perorangan (personal selling), dan publisitas (publicity). Kegiatan promosi ini diharapkan dapat mempertahankan ketenaran merek (brand image) dalam menggunakan strategi yang tepat.
Bagi perusahaan yang menciptakan produk hanya mengandalkan iklan tanpa didasari positioning maka akan bahaya bagi produk tersebut. Karena hanya akan menghabiskan biaya besar yang sia-sia berakhir dengan kegagalan karena pemasukan tidak sesuai pengeluaran. Tetapi jika perusahaan menciptakan produk dengan standar sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen dan memiliki positioning produk yang kuat. Jika produk memiliki positioning yang kuat maka dengan sendirinya konsumen akan rela mencari tanpa perlu diiklankan secara berlebihan. Sehingga biaya promosi yang dikeluarkan akan sebanding dengan omset yang dihasilkan.
Dengan adanya kegiatan promosi yang dilakukan, maka perusahaan berusaha untuk mempengaruhi dan meyakinkan bahwa produk yang ditawarkan mampu memenuhi antara kebutuhan, keinginan, dan kepuasan bagi konsumen yang memakainya.
Produk sepeda motor vario CBS, Revo Fit, Honda blade, Honda CBR, Supra X125, Honda beat, scoopy,  sebagain beberapa produk umggulan PT. Bareno Tiga Bersaudara. Promosi akan membantu perusahaan untuk memberikan banyak pilihan untuk konsumen mamilih produk yang kami tawarkan sesuai yang diinginkan, kebutuhan, sesuai dengan kemampuan konsumen untuk membeli.
Promosi merupakan salah satu kegiatan yang membutuhkan biaya  relative besar maka harus memiliki perencanaan yang matang agar biaya yang dikeluarkan sesuai dengan peningkatan penjualan. Efektif  suatu promosi akan ditentukan dengan tinggi rendahnya hasil penjualan. Dengan hasil penjualan sebagai indicator akan mempermudah perusahaan dalam melihat seberapa efektif  promosi yang dilaksanakan
Penjualan adalah suatu usaha yang dilakukan oleh manusia untuk menyampaikan barang kebutuhan yang telah dihasilkan kepada mereka yang memerlukan dengan uang menurut harga yang ditentukan atas persetujuan bersama. (Sutamto, 2008:8)
Hasil penjualan adalah jumlah barang dan jasa yang terjual peda proses pertukaran. (basu swastha, 2001:11)
. Pada umumnya tujuan perusahaan adalah untuk memperoleh laba, besar kecilnya laba yang dapat dicapai merupakan ukuran kesuksesan manajemen dalam mengelola perusahaannya.
Berdasarkan pemikiran yang telah diuraikan maka penulis merasa tertarik untuk melakukan dengan judul: “Pengaruh Promosi Terhadap Hasil Penjualan” pada PT. Bareno Tiga Bersaudara.

B.  Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas yang telah diuraikan sacara singkat, maka penulis mengidentifikasikan beberapa permasalahan sebagai berikut:
1.      Promosi yang dilakukan Pada PT. Bareno Tiga Bersaudara belum menarik konsumen
2.      Hasil   penjualan pada PT. Bareno Tiga Bersaudara belum maximal
3.      Insentif  yang diberikan PT. Bareno Tiga Bersaudara sales masih rendah
4.      Belum maximalnya kegiatan personal selling
5.      Biaya personal selling masih minimum
6.      Komunikasi sales kurang menyakinkan pembeli
7.      Biaya promosi masih minimum belum efektif

C.  Pembatasan Masalah
Sehubungan dengan banyaknya permasalahan dan keterbatasan waktu tenaga dan pikiran serta biaya maka secara lebih spesifik penulis membatasi pada penelitian ini sebagai berikut:
  1. Yang dimaksud dengan Biaya promosi dalam penelitian ini adalah biaya yamg dikeluarkan perusahaan untuk kegiatan menyampaikan informasi, berkomunikasi, dan menyakinkan masyarakat terhadap sesuatu.
  2. Yang dimaksud dengan hasil penjualan dalam penelitian ini adalah jumlah hasil penjualan yaitu jumlah produk yang dijual dikalikan dengan harga per unit.
  3. Yang dimaksud dengan pengaruh dalam penelitian ini adalah akibat atau dampak yang ditimbulkan akibat adanya biaya promosi terhadap hasil penjualan.
  4. PT. Bareno Tiga Bersaudara dalam penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan kendaraan sepeda motor Honda,yang berlokasi Jl.R.C. Veteran no.555 Bintaro Jakarta Selatan.
  5. Jangka waktu penelitian adalah dari Tahun 2007 sampai dengan Tahun 2011
D.  Perumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan diatas yang akan dibahas maka dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.       Bagaimana biaya promosi yang dikeluarkan oleh PT. Bareno Tiga Bersaudara.
2.       Bagaimana  hasil penjualan produk PT. Bareno Tiga Bersaudara.
3.       Seberapa besar  pengaruh antara biaya promosi dan hasil penjualan yang diperoleh PT. Bareno Tiga Bersaudara.
E.  Tujuan dan Manfaat
1.      Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
a.       Untuk mengetahui biaya promosi yang di keluarkan oleh PT. Bareno Tiga Bersaudara.
b.      Untuk mengetahui hasil penjualan produk yang diperoleh oleh PT. Bareno Tiga Bersaudara.
c.       Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh biaya promosi terhadap hasil penjualan pada PT. Bareno Tiga Bersaudara.

2.      Manfaat  Penelitian
Manfaat teoritis
a.       Bagi Penulis
Dapat memperoleh tambahan ilmu pengetahuan dan pengalaman mengenai  promosi dan hal-hal apa saja mengenai biaya promosi yang diperlukan, serta pengaruhnya terhadap penjualan.  promosi dapat meningkatkan profit dan keberhasilan perusahaan. Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Strata Satu (S1) Pada program studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
b.      Bagi Dunia Akademik Universitas Pamulang
Dapat menjadi bahan kajian informasi yang bergnuna bagi pihak-pihak yang berminat serta membutuhkan informasi tentang promosi.  Dapat menambah pembendaharaan ilmu pengetahuan ilmu manajemen pemasaran dan memperluas  cakrawala berpikir untuk melakukan studi lebih lanjut  yang lebih men dalam maupun hanya untuk menambah ilmu tentang promosi. Serta dapat menambah daftar pustaka di perpustakaan Universitas Pamulang “UNPAM”.
             Manfaat praktis
       Bagi perusahaan
Diharapkan penelitian ini dapat menjadi  bahan informasi bagi marketing dan manajemennya mengambil keputusan. Kegiatan Promosi  ini  juga dapat meningkatkan penjualan jika dilaksanakan secara efektif, tepat sasaran dan mampu mempengaruhi  pola pikir /kebiasaan konsumen  dalam membelanjakan uangnya. Sehingga target penjualan dapat tercapai sesuai rencana dan perusahaan dapat meingkatkan profit.

F.   Kerangka Berfikir
Pada penelitian ini terdapat dua variable yaitu biaya promosi (X) sebagai variabel bebas dan hasil penjualan (Y) sebagai variabel terikat. Dan kerangka pemikiran skripsi ini dapat dilihat pada gambar ini:


Gambar 1.1
Diagram Kerangka Berfikir












 








               Sumber: Mulyadi (2002:530)
1.      Biaya promosi adalah biaya yang meliputi semua hal dalam rangka pelaksanaan kegiatan promosi atau kegiatan untuk menjual produk baik berupa barang atau jasa pada pembeli sampai pengumpulan piutang menjadi kas.
2.      Biaya iklan adalah biaya yang dikeluarkan dalam bentuk iklan cetak dan radia/tv, kemasan, sistem pos, katalog, film, majalah, brosur, poster, dan leaflet, cetakan ulang dari iklan papan reklame, papan peraga, pemeran bahan-bahan audio visual, symbol dan logo yang digunakan untuk mambangun citra jangka panjang pada suatu produk, dan selain itu sebagai pemicu penjualan yang cepat.
3.      Biaya personal selling adalah biaya yang dikeluarkan dalam bentuk presentasi penjualan, pertemuan penjualan, pemasaran jarak jauh (lewat telepon), program insentif, sampel, pameran perdagangan, tujuannya adalah melakukan penjualan dengan cara mambangun preferensi, keyakinan dan tindakan pembelian.
4.      Biaya hubungan masyarakat adalah biaya yang dikeluarkan dalam bentuk konferensi pers, pidato, seminar, laporan tahunan, donasi, sponsor, libi dan media identitas, yang dirancang untuk memperbaiki, mempertahankan maupun melindungi suatu citra perusahaan maupun produk.
5.      Biaya promosi penjualan adalah biaya yang dikeluarkan dalam rangka mendorong penjualan suatu produk atau jasa dalam bentuk sampling , pameran perdagangan ekshibisi, dan demonstrasi, promosi penjualan dapat digunakan untuk mendramatisasi oenawaran produk dan menaikan penjualan yang sedang lesu.
6.      Hasil penjualan adalah jumlah penjualan yang dicapai atau yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan pada periode tertentu.(alminya dan padji, 2003:426)
7.      Harga adalah sejumlah uang sebagai alat tukar untuk memperoleh produk atau jasa. (sladin, 2003:95)
8.      Unit adalah satuan produk yang dijual

G.  Hipotesis
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel promosi sebagai biaya variabel bebas (indipenden) dengan penjualan produk sebagai variable terikat (dependen)
Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh dan hubungan yang signifikan antara biaya promosi terhadap hasil penjualan pada PT. Bareno Tiga Bersaudara
Dengan rumusan hipotesis sebagai berikut :
Ho: Tidak ada pengaruh yang signifikan antara biaya promosi terhadap  volume penjualan pada PT. Bareno Tiga Bersaudara
Ha: Terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT. Bareno Tiga Bersaudara
Berdasarkan uraian tersebut di atas  penulis membuat hipotesa bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi terhadap volume penjualan
H.  Sistematika Penulisan
Adanya sistematika penulisan dalam menyusun skripsi ini agar mudah dimengerti dan dipahami, adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan diuraikan tentang latar belakang masalah, identifikasi masalah, tujuan penulisan dan kegunaan penulis, kerangka barfikir, perumusan hipotesis dan sistematika penulisan.
BAB II  TINJAUAN PUSTAKA
Pada bab ini dikemukakan tentang pemasaran, bauran pemasaran  (marketimg mix), Biaya,  promosi: meliputi pengertian promosi, tujuan promosi dan bauran promosi dan biaya promosi, ,penjualan.
BAB III  METODOLOGI PENELITIAN
Dalam bab ini dikemukakan tentang ruag lingkup penelitian, jenis dan sumber data, metode pengumpulan data, metode pengolahan dan analisis data, serta operasional variabel penelitian.
BAB IVPEMBAHASAN DAN HASIL PENELITIAN
Dalam bab ini akan duraikan tentang tinjauan umum mengenai  perusahaan yang berisikan tentang  singkat  perusahaan, bidang usaha, produk-produk yang bdihasilkan perusahaan, visi dan misi perusahaan, struktur  organisasi perusahaan serta pembahasan dan hasil penelitian tentang kegiatan promosi perusahaan yakni pengaruh biaya promosi  terhadap penjualan pada PT. Bareno Tiga Bersaudara.
BAB V PENUTUP
Pada bab ini merupakan bab penutup dari penulisan skripsi dan rangkaian penelitian yang dilakukan oleh penulis yang berisikan kesimpulan dari uraian  pembahasan pada bab-bab sebelumnya dan saran-saran yang bersamhkutan dengan hal yang diuraikan tentang tinjauan umum perusahaan yang berisikan tentang sejarah singkat.















Comments